Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Mata Kuliah Pengajaran Mikro di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Abstract
Perencanaan yang baik adalah kunci tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Perencanaan yang terimplementasi akan ditindaklanjuti dengan sebuah evaluasi. Evaluasi dapat
menggambarkan kualitas pembelajaran yang telah direncanakan dan dapat memberikan masukan
terhadap program pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
ketepatan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro di program studi pendidikan
biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, meliputi: 1) perencanaan pembelajaran,
2) pelaksanaan pembelajaran, dan 3) penilaian hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian
evaluasi dengan menggunakan Model Countenance Stake, yang meliputi evaluasi Antacendent,
Transaction, dan Outcomes. Subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa yang terlibat
dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro di prodi pendidikan biologi
FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif, membandingkan hasil penelitian dengan kriteria yang sudah ditentukan. Hasil
penelitian diperoleh pada tahap antecenden dengan persentase 74,02%, trancenden dengan
persentase 80,38%, dan outcome dengan persentase 74,77%. Dengan demikian dapat dinyatakan
bahwa evaluasi program pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro tahun ajaran 2016/2017
di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan dalam kategori baik.