Show simple item record

dc.contributor.authorLikumahwa, Fervin M.
dc.contributor.authorYahya, Ramy
dc.contributor.authorBakhtiar, Arfan
dc.contributor.authorSantoso, Haryo
dc.date.accessioned2018-05-26T05:46:41Z
dc.date.available2018-05-26T05:46:41Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationAchmadi, R., 2007, Pengaruh Minat Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Perhotelan AKPINDO, Panorama Nusantara, Volume 2, No.1, Hal.35-42, Akademi Pariwisata Indonesia Aidila, M., Murtadlo, A., dan Warti, R., 2016, Aplikasi Analisis Diskriminan Pada Preferensi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Iain STS Jambi Terhadap Mata Kuliah Struktur Aljabar, Lemma, Volume 3, No.1, Hal.50-58, Program Pendidikan Matematika STKIP PGRI SUMBAR. Divjak, B dan Oreski, D., 2009, Prediction of Academic Performance Using Discriminant Analysis, Proceedings of the ITI 2009 31st Int. Conf. on Information Technplogy Interfaces, June 22-25, Cavtat, Croatia. Dwipurwani, O., Maiyanti, S.I., Desiani, A., dan Suryati, S., 2012, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa Ditinjau dari Karakteristik Lingkungan Kampus (Studi Kasus di Jurusan Matematika FMIPA Unsri), Jurnal Penelitian Sains, Volume 15, No.1A, Hal.1-5, Jurusan Matematika, Universitas Sriwijaya Sumatera Selatan. Ghozali, I., 2016, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 23, Cetakan VIII, Penerbit : Universitas Diponegoro, Semarang. Legowo, M.B., 2016, Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Analisis Diskriminan, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Volume 9, No.2, Hal.114-121, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Perbanas Institute. Legowo, M.B., 2016, Perbandingan Antara Metode Analisis Diskriminan Dan Regresi Logistik untuk Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Volume 2, No.3, Hal.287-297, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Perbanas Institute. Nisa, A., 2015, Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahua Sosial, Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 2, No.1, Hal.1-9, Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Universitas Indraprasta PGRI. Nyoman, N., Swidiana, W., dan Widana, S., 2016, Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja, Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), Volume 7, No.2, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha. Santoso, S., 2002, Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat, Penerbit : PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. Udiyono., 2011, Pengaruh Motivasi Orang Tua, Kondisi Lingkungan dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Klaten Semester Gasal Tahun Akademik 2010/2011. Magistra, No.75, Hal.93-99, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UNWIDHA Klaten. Uyar, A., dan Gungormus, A., 2011, Factors Associated with Student Performance in Financial Accounting Course, European Journal of Economic and Political Studies, Volume IV (2), 139-154.id_ID
dc.identifier.issn2621-0789
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9823
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro. Metode yang dipakai dalam menganalisis data yaitu analisis faktor dan analisis diskriminan. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro adalah faktor minat belajar mahasiswa dan lingkungan kampus. Dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang mempunyai indeks prestasi kategori baik dan kurang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Wilk’s Lambda Sig. 0,000<0,05 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata dua kategori indeks prestasi mahasiswa berdasarkan faktor yang digunakan. Model fungsi diskriminan yang terbentuk berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ini yaitu Y = -4.121 + 1,938 X1 – 0,892 X2. Pengujian validasi pada penelitian ini diperoleh angka ketepatan lebih dari 50%, sehingga fungsi diskriminan yang terbentuk dianggap tepat untuk menggolongkan indeks prestasi mahasiswa berdasarkan faktor minat belajar mahasiswa dan lingkungan kampus kedalam kategori indeks prestasi mahasiswa yang baik dan kurang.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherIENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018id_ID
dc.subjectAnalisis faktorid_ID
dc.subjectAnalisis diskriminanid_ID
dc.subjectIndeks prestasi mahasiswaid_ID
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa dengan Metode Analisis Faktor dan Analisis Diskriminanid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record