Show simple item record

dc.contributor.authorArifianto, Endra Yuafanedi
dc.contributor.authorHimawan, Rakhmat
dc.date.accessioned2018-05-26T06:33:14Z
dc.date.available2018-05-26T06:33:14Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationDepartemen Perdagangan RI. 2009. Howkins, J., 2001. The Creative Economy: How People Make Money from Ideas, Penguin. Kementrian Perindustrian RI. 2017. Slack, N., Lewis, M. 2008. Operations Strategy. Second Edition. FT Prentice Hall, Essex. Wheelen, T. L., Hunger, J. D. 2006. Strategic Management and Business Policy: Concepts and Cases, l0rh Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.id_ID
dc.identifier.issn2621-0789
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9827
dc.description.abstractPerkembangan industri kreatif kerajinan topeng di Kota Malang belum signifikan setiap tahunnya. Perlu langkah – langkah nyata yang dilakukan oleh pemerintah daerah, komunitas pelaku usaha industri kreatif dan perguruan tinggi dalam merumuskan strategi pengembangannya.. Penelitian ini menggunakan tools analisis SWOT untuk mengukur kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman komunitas pelaku usaha industri kreatif topeng malang. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan kearifan lokal Topeng Malang sebagai hasil karya seni dan budaya serta produk kerajinan bernilai ekonomis harus ditanamkan sejak usia dini sebagai identitas asli warga Kota Malang. Kolaborasi antar elemen daerah seperti komunitas industri kreatif (masyarakat), pemerintah daerah dan perguruan tinggi sangat diperlukan untuk mengembangkan potensi industri ekonomi kreatif di Kota Malang. Penerapan teknologi mulai dari hulu sampai hilir dalam proses industri kreatif topeng masih belum bisa dilakukan secara menyeluruh. Namun, ini menjadi tantangan untuk dilakukan perbaikan secara berkesinambungan kearah digitalisasi mengikuti trend saat ini. Kreativitas, inovasi dan semangat entrepreneur perlu ditingkatkan dengan cara menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi sehingga Industri kreatif topeng mampu bersaing dan memenangkan segmentasi generasi muda.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherIENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018id_ID
dc.subjectAnalisis SWOTid_ID
dc.subjectIndustri Kreatifid_ID
dc.subjectTopeng Malangid_ID
dc.titleStrategi Pengembangan Industri Kreatif Kerajinan Topeng Era Industri 4.0id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record