• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Seminar Nasional KBSP V 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Seminar Nasional KBSP V 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Keefektifan Penerapan Model Peta Konsep dan Discovery Innquiri Learnig dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP N 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (868.9Kb)
    Date
    2018-04
    Author
    Fauzi, F
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektian penggunaan model pembelajaran peta knsep dan discoery learnig dalam pembelajaran menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII SMP N 4 Sungguminasa Kabupaten gowa. Penelitianiniberjeniseksperimen yang menggunakan desain penelitaanthe nonequivalent pretest- posttest control grup design.Desain penelitian ini terdiri dari dua kelommpok yaitu kelompak kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari siswa kelas VII SMP N 4 Sungguminasa Gowa yang berjumlah 385 siswa yang terdiri dari 12 kelas. sedangkan jumlah sampel sebanyak 68 siswa yang diambil dari dua kelas dengan Teknik pengambilan sampel Simpel Random Samplingyaitu teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut dimanajumlah populasi bersifat homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan nilai hasil belajar menulis teks deskriptif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model peta konsep dengan nilai rata rata 91, sementara nilai rata rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran discovery learnig adalah 70. Dari perolehan nilai tersebutjika dilihat dari kriteria keefektifanmaka nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dikategorikan sangat efektif karna berada dalam interfal nilai 90- 100. sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol berada pada kategori cukup efektif karena berda pada rentang nilai 60-74. Dari data nilai rata- rata hasil belajar siswa tersebut dapat diseimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran peta konsep dalam penelitian ini lebih efektif dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dalam menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII SMP 4 sungguminasa Kabupaten gowa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9915
    Collections
    • Seminar Nasional KBSP V 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV