Publikasi Ilmiah

PERAN KONSELOR DI SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.author Kertamuda, Fatchiah E
dc.date.accessioned 2012-06-04T06:46:56Z
dc.date.available 2012-06-04T06:46:56Z
dc.date.issued 2011-05-28
dc.identifier.citation Bafile, Cara. (2010). Twenty-Five Activities for Building Student Character, School "Community". Education World®. Battistich, Victor. (2008). Voices: A practitioner’s perspective. Character education, prevention, and positive youth development. Journal of Research in Character Education. Vol 6 (2), pp. 81-90. Britzman, Mark. (2005). Improving Our Moral Landscape via Character Education: An Opportunity for School Counselor Leadership. ASCA. Professional School Counseling. February 2005. 293-295. Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Gladding, Samuel. (2009). Counseling: A Comprehensive profession. Macmillan, USA. Hackney, Harold., Cormier, Sherry. (2009). The professional counselor.: a process guide to helping. 6th edition. Pearson, USA. Homan, Wendy. (2002). Toward a safe and caring curriculum: A new look at character education. Department of Elementary Education. University of Alberta, Edmonto. Lexmond, Jen., Reeves, Richard. (2009). Building Character. Demos, London, UK. Lloyd, Courtnye., Berlin, Lisa. (2007). Research on Adolescent Development, Competence, and Character. Center for Child and Family Policy, Duke University Magy Seif El-Nasr, Leslie Bishko, Vernica Zammitto, Michael Nixon, Huaxin Wei, and V. Athanasios. (2009). Believable charactes. In Borko Furht (Editor). Handbook of Digital Media in Entertainment and Arts. (SCI), Chapter 22. McLeod, John. (2003). Pengantar Konseling: Teori dan Studi Kasus. Terjemahan. Prenada Media Group, Jakarta. Narvaez, Darcia. (2002). The Expertise of Moral Character. University of Notre Dame, USA. Smith, Matthew. (2006). Contemporary Character Education. Principles Leadership. Vol.6, no. 5, pp. 16-20 Stein, Rita., et al. (2000). Connecting Character to Conduct: Helping Stundents do the Right Things. Published by The Association for Supervision Curriculum Development. Stiff-Williams, Helen. (2010). Widening the lens to teach character education alongside standards curriculum. The Clearing House. Vol.83, 115-120. Wilson, Elaine., Forbes, Sheila., (2007). Building Character. Division of Agricultural Sciences and Natural Resources, Oklahoma State University, USA. en_US
dc.identifier.uri http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/123456789/1518
dc.description.abstract Tujuan Pendidikan Nasional berdasarkan pasal 3, UU Sisdiknas No.20/2003 adalah berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Konselor, sebagai salah satu dari dari kualifikasi pendidik (berdasarkan UU No.20/2003 Pasal 1 ayat 6, Depdiknas, 2008) mempunyai peranan yang penting dalam pembentukan karakter siswa di sekolah. Menurut Bafile (2010) bahwa dalam pembentukan karakter terdapat enam pilar yaitu trustworthiness, respect, responsibility, fairness, caring dan citizenship. Dalam menjalankan perannya, konselor di sekolah perlu memiliki pemahaman terhadap enam pilar pembentuk karakter tersebut. Selain itu konselor memiliki kompetensi akademik, kompetensi professional dan juga beberapa kompetensi lain yang diharapkan dapat membantu pembentukan karakter siswa di sekolah. Studi yang dilakukan Llyod & Berlin (2007) menyebutkan bahwa karakter remaja yang menerima perubahan positif dan meningkatkan karakternya dapat mengurangi perilaku yang tidak baik seperti kenakalan remaja. Britzman (2005) mengemukakan bahwa konselor sekolah yang professional berpotensi untuk mendorong siswa memiliki karakter yang kuat, meningkatkan prestasi siswa dan menjadikan suasana sehat di sekolah. Artikel ini membahas tentang enam pilar dalam pembentukan karakter, kompetensi-kompetensi konselor dan peran konselor di sekolah dalam pembentukan karakter siswa melalui program pendidikan karakter. en_US
dc.publisher lppmums en_US
dc.subject Konselor en_US
dc.subject Karakter siswa en_US
dc.title PERAN KONSELOR DI SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Publications


Advanced Search

Browse

My Account