• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penanaman Karakter pada Perbandingan Trigonometri Sudut Pembatas Kuadran dengan LSP, Alat Peraga/Media Pembelajaran

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.095Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Catur, Joko Wisnu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penyiapan Sumber Daya Manusia yang berkualitas hebat, maka harus membudayakan kegiatan literasi. Kita perlu membudayakan literasi matematika. Dalam kegiatan budaya literasi diharapkan tumbuh karakter bagus. Kemampuan siswa SMK dalam memahami Konsep Perbandingan Trigonometri masih mengalami kesulitan. Mereka kesulitan mengkonkretkan Trigonometri pada sudut pembatas kuadran. Kesulitan tersebut dapat terselesaikan dengan media pembelajaran dan alat peraga Lipstick dan Lingkar Santri. Hasil dari pembelajaran menggunakan media pembelajaran ini memicu siswa untuk kreatif dan menyenangkan. Siswa terbiasa membaca dalam Literasi. Sedangkan kesulitan dalam memvisualisasikan sisi depan, samping untuk sudut acuan sudut pembatas kuadran dapat kita gunakan Lingkaran Santri atau alat peraga lain yang relevan. Penggunaan alat ini dalam pembelajaran perbandingan Trigonometri diharapkan tumbuh karakter yang bagus. Siswa latihan berlaku adil, teliti dan kritis. Muncu jugal budaya membaca / literasi pengetahuan teknologi dan religius. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tumbuh tidaknya karakter budaya literasi dan religius serta siswa mampu menentukan Perbandingan Trigonometri berbagai sudut. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas tetapi jenisnya bisa penelitian kualitatif dan atau penelitian Kuantitatif, Sedangkan metode pendekatannya menggunakan kombinasi Metode pembelajaran terbimbing, demontrasi, dan Unjuk Kerja. Dari hasil penelitian diharapkan; siswa mau dan mampu membiasakan kegiatan budaya literasi dan religius serta siswa mampu menentukan perbandingan Trigonometri sembarang sudut.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10148
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV