• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Interpretation-Construction Design Model Terhadap Kemampuan Pemodelan Matematis Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.637Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Zulkarnaen, Rafiq
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran matematika menggunakan Interpretation-construction design model (disingkat ICON-model) terhadap kemampuan pemodelan matematis. Explanatory sequential design digunakan dalam penelitan ini, dengan unit sampel penelitian ditentukan berdasarkan perlakuan pembelajaran (ICON-model dan Pembelajaran biasa). Subjek sampel yang digunakan adalah siswa kelas X pada pokok bahasan persamaan dan fungsi kuadrat. Dua jenis instumen digunakan dalam penelitian ini, yaitu: instrumen pembelajaran memuat bahan ajar yang telah disesuaikan dengan: sintakmatis ICON-model dan indikator kemampuan pemodelan matematis; dan instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemodelan matematis dan non-tes (lembar observasi, wawancara, dan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemodelan matematis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interpretation-construction design model memberikan pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemodelan matematis. Selama pembelajaran berlangsung, ICON-model memberikan dampak terhadap pengetahuan konseptual dan prosedural siswa dalam materi persamaan dan fungsi kuadrat. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis jawaban siswa diperoleh simpulan bahwa kesalahan umum yang dilakukan oleh siswa terletak kepada kesalahan prosedural.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10163
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV