• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Core dalam Meningkatkan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Peserta Didik SMP Negeri di Jakarta Selatan

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.358Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Handayani, Ita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE dengan pembelajaran ekspositori dan kemampuan awal matematika dalam meningkatkan disposisi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain faktorial 2 × 2 treatment by level. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa angket disposisi matematis dan tes kemampuan awal matematika. Populasi penelitian adalah peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Jakarta Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data yang dianalisis yaitu n-gain ternormalisasi dengan teknik analisis menggunakan twoway ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan disposisi matematis peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran CORE secara keseluruhan lebih tinggi daripada peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran ekspositori, 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan disposisi matematis, 3) Peningkatan disposisi matematis peserta didik dengan kemampuan awal matematika tinggi yang mendapat perlakuan model pembelajaran CORE lebih tinggi daripada peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran ekspositori, 4) Tidak terdapat perbedaan peningkatan disposisi matematis peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran CORE dengan peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran ekspositori pada peserta didik kemampuan awal matematika rendah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10175
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV