• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Desain Pembelajaran Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Topik Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.590Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Yulianto, Florensius Widodo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Struktur dan konsep matematika saling berkaitan (intertwining) sehingga kegiatan eksplorasi dibutuhkan untuk mendukung terjadinya proses pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah desain pembelajaran dalam menemukan hubungan diskriminan dengan banyaknya anggota himpunan penyelesaian dari SPLK berdasarkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta di Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 dan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian desain riset dengan pendekatan PMR. Pada kegiatan pembelajarannya, siswa diberikan masalah untuk menggambar suatu SPLK agar siswa dapat mengetahui bagaimana kedudukan garis terhadap parabola dengan bantuan aplikasi geogebra. Masalah selanjutnya yang dikerjakan siswa adalah menyelesaikan SPLK dengan metode aljabar kemudian menguji diskriminan persamaan kuadrat baru yang dihasilkan dan diakhiri dengan memberi kesimpulan. Dari pembelajaran yang telah dilaksanakan siswa terlihat antusias dan dari penelitian ini juga disimpulkan bahwa siswa dapat memahami hubungan antara diskriminan dari persamaan kuadrat baru dengan banyaknya anggota himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat (SPLK).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10185
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV