• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembelajaran Matematika dengan Strategi Two Stay Two Stray dan Think Pair Share Ditinjau dari Komunikasi Matematika Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.506Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Andini, Widya Arum Tri
    Rejeki, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari dua strategi pembelajaran yang berbeda (2) perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari komunikasi matematika (3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi matematika pada hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimental. Populasi penelitian terdiri dari 79 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Sampel penelitian dipilih dengan cluster random sampling. Kelas pertama diberi perlakuan dengan strategi Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelas kedua diberi perlakuan menggunakan strategi Think Pair Share (TPS). Data dianalisis dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan tingkat signifikansi 5%. Kesimpulannya adalah: (1) ada perbedaan hasil belajar matematika dilihat dari dua strategi pembelajaran yang berbeda, Two Stay Two Stray (TSTS) memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada Think Pair Share (TPS), (2) ada perbedaan antara hasil belajar matematika dilihat dari komunikasi matematika yang berbeda, siswa komunikasi matematika tinggi mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi, dibandingkan siswa dengan komunikasi sedang maupun rendah, (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10191
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV