• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Persamaan Diferensial

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.186Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Sumargiyani, S
    Setyawan, Fariz
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar persamaan diferensial mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui model manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran TPS dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar persamaan diferensial pada mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Tahun Akademik (TA) 2017/2018.Populasi dalam penelitian sebanyak 90 mahasiswa dari kelas A dan kelas D. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang diperoleh kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas D sebagai kelas sampel. Untuk uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogeitas. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes. Analisis data menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar persamaan diferensial antara yang mengunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar persamaan diferensial mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UAD TA 2017/2018, ditunjukkan dengan uji t dua pihak diperoleh thitung(2,04)> t tabel(1,97). Penggunaan model pembelajaran TPS lebih efektif daripada model pembelajaran konvesional terhadap hasil belajar persamaan diferensial pada mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UAD TA 2017/2018, ditunjukkan dengan uji t satu pihak diperoleh t hitung (2,04)> t tabel(1,66).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10217
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV