• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kontribusi Motivasi dan Fasilitas Belajar Terhadap Kemandirian Belajar dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.473Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Cahyanti, Marfu'ah Nur
    Rejeki, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi motivasi dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemandirian belajar, menguji kontribusi motivasi dan fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar, dan menguji kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi penelitian 259 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Trucuk. Sampel penelitian 159 siswa ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian, motivasi dan fasilitas belajar dengan (α = 0,05) memberikan kontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui kemandirian belajar sebesar 63,6%. Secara parsial, motivasi belajar secara signifikan mempengaruhi langsung hasil belajar matematika dan secara tidak langsung melalui kemandirian belajar memberikan pengaruh yang signifikan. Fasilitas belajar secara tidak signifikan mempengaruhi langsung hasil belajar matematika melalui kemandirian belajar. Motivasi dan fasilitas belajar memberikan kontribusi secara simultan terhadap kemandirian belajar sebesar 10,1%. Secara parsial, kontribusi motivasi belajar secara langsung memberikan pengaruh pada kemandirian belajar sebesar 19,2721%. Fasilitas belajar secara langsung memberikan pengaruh pada kemandirian belajar sebesar 5,6169%. Kemandirian belajar memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10218
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV