• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Literatur: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review (Murder) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.184Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Kusuma, Nunung Fajar
    Mardiyana, M
    Saputro, Dewi Retno Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berbagai penelitian banyak yang menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa di Indonesia kurang memuaskan. Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Dalam makalah ini dikaji, mengenai penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review (MURDER) dengan pendekatan ContextuaL Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.Tujuan penulisan makalah ini yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan pendekatan ContextuaL Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang dikenai model pembelajaran langsung. (2) Untuk mengetahui kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan pendekatan ContextuaL Teaching and Learning (CTL). Dalam makalah ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan siswa yang dikenai model pembelajaran langsung. (2) Kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe MURDER adalah menciptakan semangat belajar sehingga konsentrasi belajar dapat dicapai secara maksimal dan dapat menyerap materi yang telah dipelajari; agar siswa memiliki kesempatan untuk membentuk atau menyusun kembali informasi yang telah mereka terima; dengan pengembangan, maka akan lebih banyak mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan materi yang dipelajari.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10226
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV