• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Karakteristik Berpikir terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (322.5Kb)
    Date
    2018-03
    Author
    Priyogo, Adi
    Riyadi, R
    Sujadi, Imam
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh karakteristik berpikir terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan 178 siswa dan diambil sampel untuk penelitian dengan jumlah 114 orang. Data diperoleh dari angket dan nilai prestasi belajar siswa. Angket dalam penelitian ini terdiri dari butir-butir pertanyaan dari karakteristik berpikir. Analisis data hasil penelitian dilakukan analisis vasiansi satu jalan sel tak sama dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hasil pengujian F hitung > F tabel maka Ho ditolak, sehingga hipotesis (Ha) menyatakan terdapat pengaruh karakteristik berpikir terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa dengan karakteristik berpikir tipe SA lebih baik daripada siswa dengan karakteristik berpikir tipe SK, siswa tipe AK, maupun siswa tipe AA, prestasi belajar matematika siswa dengan karakteristik berpikir tipe SK sama baiknya dibanding karakteristik berpikir tipe AK maupun siswa tipe AA, sedangkan karakteristik berpikir tipe AK sama baiknya dibanding karakteristik berpikir tipe AA pada kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10228
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV