• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Keyakinan Diri Mahasiswa Menyelesaikan Tugas-tugas pada Mata Kuliah Teori Peluang

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.320Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Tinungki, Georgina Maria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Teori Peluang adalah salah satu dari beberapa mata kuliah, yang wajib untuk diajarkan pada program studi Statistika Departemen Matematika. Kenyataannya, terlihat bahwa mata kuliah Teori Peluang bagi sebagian mahasiswa masih dianggap sulit dan membutuhkan pemahaman matematika tingkat tinggi, sehingga mahasiswa sering kurang yakin bahwa dirinya mampu untuk menyelesaikannya. Kuat duagaan hal ini disebabkan dari karakteristik mata kuliah Teori Peluang yang membutuhkan pemahaman Statistik Dasar yang kompleks. Dalam mengatasi adanya mahasiswa yang sering kurang yakin bahwa dirinya mampu untuk menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah Teori Peluang, adalah dengan meningkatkan keyakinan diri mahasiswa. Keyakinan diri adalah suatu sikap atau perasaan yakin atas kemampuan diri sendiri. Suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya mampu untuk mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya. Salah satu kemampuan yang terkait dengan ranah afektif di antaranya adalah self proficiency yang merupakan salah satu komponen dari kemandirian belajar (self-regulated learning). Self proficiency merupakan kecakapan diri seseorang yang berpengaruh terhadap tindakan, keyakinan diri, maupun upaya, serta ketekunan, dan fleksibilitas dalam perbedaan terkait realisasi dari tujuan individu. Terlihat bahwa dengan meningkatnya self proficiency mahasiswa maka mahasiswa akan yakin bahwa dirinya mampu menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah Teori Peluang, berdasarkan indikator statistika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10229
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV