• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
    • Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
    • Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektifitas Belajar Membaca Al-Qur'an dengan Metode 10 Jam Belajar Al-Qur'an pada Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.488Mb)
    Date
    2018-12
    Author
    Azhar, Chusnul
    Aristyasari, Yunita Furi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar adalah sebuah hal yang harus dicapai oleh setiap mahasiswa universitas Muhammadiyah Yogyakarta.Namun, realitasnya tidak semua mahasiswa mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah-kaidah ilmu tajwid. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) memiliki program bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) pada semester pertama dan kedua bagi seluruh mahasiswa baru UMY yang belum mendapatkan syahadah dengan nilai A dalam membaca al-Qur’an. Program pembelajaran al-Qur’an ini adalah salah satu rangkaian dari beberapa program pengembangan karakter mahasiswa UMY melalui pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Dalam pembelajaran al-Qur’an ini, LPPI menerapkan metode dengan menggunakan modul 10 Jam Belajar Membaca al-Qur’an yang disusun oleh Prof. Dr. Muhammad Chirzin, M.Ag. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji efektifitas belajar membaca al-Qur’an dengan metode 10 Jam Belajar Membaca Al-Qur’an pada mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018 pada aspek kemampuan membaca al-Qur’an secara tartil setelah melalui proses pembelajaran. Selama ini penelitian mengenai efektivitas pembelajaran al-Qur’an dengan metode 10 Jam Belajar Membaca al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta belum dilakukan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumenter sebagai alat pengumpulan data.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10591
    Collections
    • Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV