• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
    • Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
    • Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Ekspektasi Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (639.4Kb)
    Date
    2018-12
    Author
    Nisa', Mir'atun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu kelemahan pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah terletak pada konten materi pembelajaran. Materi pembelajaran seringkali masih terkesan idealis, tidak realistis dan praksis sesuai kebutuhan mahasiswa. Berdasar hal tersebut, tulisan ini bertujuan mengungkap ekspektasi atau harapan mahasiswa terhadap matakuliah al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perumusan kurikulum AIK III. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif eksploratif. Sumber data diambil dari hasil wawancara tertulis dengan mahasiswa FISIPOL jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Data dianalisis dengan menggunakan teori expectancy Victor H. Vroom yang terdiri dari tiga elemen yaitu ekspektasi, instrumentality dan valensi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa harapan mahasiswa terhadap matakuliah AIK III adalah menambah pengetahuan dan wawasan tentang agama, mengikuti proses perkuliahan dengan baik, memahami materi perkuliahan, pembelajaran yang santai, tidak kaku dan tidak membosankan, menerapkan ilmu dalam kehidupan, penjelasan yang mudah dipahami dan diingat, memenuhi kehadiran, memperbaiki akhlaq dan mampu membedakan hal baik dan buruk. Hasil analisa data menunjukkan bahwa harapan mahasiswa terhadap matakuliah AIK III adalah terkait dengan probabilitas mahasiswa terhadap upaya mereka akan dapat mencapai harapan dan mewujudkannya dalam suatu kinerja atau perilaku atau tidak. Dosen dalam hal ini berperan meningkatkan keyakinan mahasiswa untuk dapat mewujudkan upaya menuju kinerja dan perilaku. Selain itu dosen juga meningkatkan kepercayaan mahasiswa bahwa kinerja mereka akan mendapat penghargaan tertentu dan memastikan bahwa penghargaan tersebut sesuai dengan keinginan mahasiswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10592
    Collections
    • Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV