• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
    • Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
    • Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembinaan Guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah berbasis Lesson Study di Cabang Kartasura

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (586.1Kb)
    Date
    2018-12
    Author
    Subadi, Tjipto
    Narimo, Sabar
    Dahroni, D
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian untuk mendapatkan pemahaman secara mendalam model pembinaan guru MIM (Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah) berbasis lesson study di Cabang Kartasura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, paradigmanya definisi social, bergerak pada kajian mikro. Tempat penelitian ini di MIM Cabang Kartasura. Subjek penelitiannya 20 guru, sedangkan informannya adalah guru, Kepala Sekolah, dan Kepala Dinas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket, observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan the first interpretation dan the second interpretation. Sedangkan alur analisis datanya menggnakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini berkesimpulan bahwa Model pembinaan guru MIM berbasis lesson studi di Cabang Kartasura menggunakan model pembinaan pembelajaran berbasis lesson study modifikasi, dengan pendekatan kolaborasi melalui workshop, latihan pembelajaran, dan pendampingan pembelajaran guru model. Model pendampingannya berbasis kelompok lesson study, dilakukan sebanyak tiga kali pendampingan, dengan pendekatan saintifik. Sedangkan tahapan yang digunakan dalam pelatihan pembelajaran laboratoris adalah kajian akademik, plan (para guru membuat perencanaan pembelajaran berbasis micro teaching), Do (pelaksanaan pelatihan pembelajaran berbasis laboratorium micro teaching sebanyak tiga kali), dan see (refleksi terhadap latihan pembelajaran berbasis laboratorium tersebut).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10610
    Collections
    • Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV