• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penentuan Strategi Pengembangan Bisnis menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.218Mb)
    Date
    2019-03
    Author
    Rizqi, Zakka Ugih
    Purba, Reno Dias Anggara
    Nugroho, Rino Rahmawanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Semakin tingginya tingkat persaingan bisnis di Indonesia menuntut setiap perusahaan untuk selalu berkembang. UD Jati Surya merupakan UKM produsen furnitur di Yogyakarta yang ingin mengembangkan bisnisnya. Ditambah semakin banyaknya kompetitor dibidang yang sama sehingga menuntut perusahaan untuk mempertahankan keberadaannya bahkan meningkatkan perkembangan dari bisnisnya. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk menentukan strategi-strategi bisnis yang tepat dengan melihat sisi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang dimiliki oleh UD Jati Surya. Strategi-strategi yang didapat kemudian dilakukan pembobotan menggunakan Analytical Hirarchy Process (AHP) guna mendapatkan strategi mana yang paling tinggi prioritasnya berdasarkan pandangan expert. Kemudian akan digambarkan model bisnisnya dengan metode Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian menunjukkan didapat 5 strategi berdasarkan analisis SWOT. Kemudian dilakukan pembobotan didapat strategi yang memiliki prioritas tertinggi adalah meningkatkan produksi yang selalu sesuai dengan pesanan pada momen (musim) pembelian masyarakat dan memanfaatkan tenaga kerja yang tersedia. Kemudian memvisualisasikan bisnis UD Jati Surya berdasarkan sembilan elemen yang ada, yaitu Customer Relationships, Key Partners, Value Propositions, Customer Segments, Channel, Revenue Stream, Key Resource, Key Activities dan Cost Structure.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10718
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV