• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel berdasarkan Teori Polya Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (717.7Kb)
    Date
    2019-03
    Author
    Ariyanto, A
    Pratiwi, Silviana Atin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa dan menganalisis faktor penyebab kesalahan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel.. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dengan cara membandingkan data dengan cara yang berbeda. Teknis analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel berdasarkan langkah Polya, yaitu (1) kesalahan memahami masalah yaitu tidak dapat menuliskan informasi terkait masalah apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, kesalahan membuat rencana yaitu tidak dapat mengubah kalimat soal kedalam model matematika serta kesalahan dalam memilih langkah-langkah penyelesaian, kesalahan melaksanakan rencana yaitu kesalahan penulisan jawaban serta kurang menguasai konsep operasi hitung, dan kesalahan memeriksa kembali jawaban yaitu siswa enggan serta tidak terbiasa dalam memerika kembali jawaban. (2) faktor penyebab kesalahan yaitu pemahaman siswa rendah dalam memahami konsep terkait materi PLSV, kesulitan menerjemahkan soal cerita kedalam model matematika, siswa kurang teliti dalam keterampilan berhitung.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10888
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV