• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Media Pembelajaran berbasis Visual Thinking Strategis di Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (130.1Kb)
    Date
    2019-01
    Author
    Wulandari, Nur Asih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peserta didik di sekolah dasar merupakan individu yang memiliki potensi yang besar dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dikarenakan sekolah dasar merupakan pondasi utama bagi jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan masa kini yang lebih populer disebut dengan pendidikan abad 21 memiliki penekanan pada kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi, berkomunikasi dan berkolaborasi. Pengembangan media dalam proses pembelajaran sangatlah membantu guru dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik.Pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis merupakan salah satu bentuk pengembangan media, yang digunakan berdasarkan strategi pembelajaran terstruktur, yang didalamnya mencakup beberapa ketrampilan abad 21. Pengembangan media berbasis visual thinking strategis di sekolah dasar bertujuan untuk mengetahui kondisi faktual pemanfaatan media pembelajaran, bentuk pengembangan media, kelayakan media, dan pengaruh keefektifan media pembelajaran pada peserta didik di sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian pengembangan (Research Development) karena peneliti berupaya mengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran di sekolah dasar masih sangat terbatas dan monoton, sehingga upaya pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar, berupa gambar yang digunakan dalam proses pembelajaran terstruktur, efektif untuk dilakukan pada proses pembelajaran baik di kelas rendah maupun kelas tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan terhadap ketrampilan abad 21 yang meliputi ketrampilan sosial dan berpikir kritis pada peserta didik yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar baik untuk diaplikasikan dalam dunia pendidikan abad 21.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11188
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV