• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemandirian Sekolah dalam Pengelolaan Pembiayaan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (285.8Kb)
    Date
    2019-01
    Author
    Nasori, Nur Hidayah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembiayaan merupakan salah satu keberhasilan dari program sekolah. Agar seluruh penyelenggaraan kegiatan sekolah berjalan dengan baik diperlukan kemandirian sekolah dalam mengelola pembiayaan sekolah.Kemandiriaan sekolah dalam mengelola pembiayaan merupakan hal sangat penting dalam keseluruhan rangkaian manajemen pembiayaan meliputi sumber dana pembiayaan, perencanaan pembiayaan, pelaksanaan pembiayaan, dan pengawasan pembiayaan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian sekolah dalam mengelola pembiayaan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan bendahara sekolah. Objek penelitian ini adalah kemandirian sekolah, manajemen pembiayaan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi tekhnik dan sumber. Data dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemandirian dalam pencarian sumber dana pembiayaan sudah berjalan dengan baik diperoleh dengan pengalokasian sumber biaya untuk penganggaran program sekolah. 2) kemandirian dalam perencanaan pembiayaan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam perencanaan penggunaan anggaran pembiayan sekolah. 3) kemandirian dalam pelaksanaan pembiayaan sudah berjalan dengan baik, dimulai dari ketentuan oleh BOS sampai dengan pengalokasian sarana dan prasarana sekolah. 4) pengawasan pembiayaan sudah berjalan dengan baik, dari kegiatan, dan waktu pengawasan pertanggungjawaban pembiayaan yang bersifat transparasi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11189
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV