• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas Siswa melalui Pendekatan Kontekstual berbasis Alam dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (253.9Kb)
    Date
    2019-01
    Author
    Pangestika, Rintis Rizkia
    Ratnaningsih, Arum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang bersifat abstrak. Akan tetapi, fakta tersebut bertolak belakang dengan tahapan perkembangan kognitif siswa usia sekolah dasar yang masih pada tahap operasional konkret. Permasalahan ini merupakan tugas guru dalam menjembatani dari hal yang abstrak menjadi konkret supaya dapat dipahami oleh siswa sekolah dasar. Pada kenyataannya, pembelajaran matematika di sekolah dasar masih bersifat klasikal belum mengaitkan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari. Hal ini mengakibatkan siswa menganggap matematika hanya soal angka dan rumus yang tidak ada di kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang dipakai dalam mencapai tujuan tersebut yaitu melalui pengabdian kepada masyarakat dengan pendampingan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual berbasis alam yang dijadikan penelitian tindakan kelas. Hasil yang dicapai penelitian ini yaitu aktivitas siswa meningkat dalam pembelajaran matematika yaitu dengan rata-rata kehadiran siswa pada siklus I 97,39% dan siklus II tetap 97,39%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran siklus I mencapai 66,28% (tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 76,50% (sangat tinggi). Selain itu, melalui penelitian ini siswa mempunyai pengalaman belajar secara langsung yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual berbasis alam dapat meningkatkan kemampuan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dan dapat menjadikan pengalaman belajar secara langsung yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11192
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV