• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Instrumen Penilaian Pembelajaran Biologi Kelas XI Semester Genap di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (152.2Kb)
    Date
    2019-04
    Author
    Audina, Revika
    Hariyatmi, H
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru harus mampu menilai hasil belajar siswa sesuai dengan standar penilaian yang telah ditetapkan. Instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan oleh guru untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta semester genap Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode dokumentasi. Populasi penelitian meliputi seluruh instrumen pembelajaran Biologi kelas XI semester genap yang dibuat oleh guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data berupa instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI semester genap yang diperoleh dari RPP buatan guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Profil instrumen yang di analisis meliputi instrumen penilaian afektif, kognitif dan psikomotor pada aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Data dianalisis menggunakan instrumen yang telah dibuat. Hasil penelitian diperlihatkan bahwa profil instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI semester genap di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 diperoleh skor tertinggi pada penilaian kognitif yaitu 83,3 % termasuk kategori baik dan penilaian afektif 75,5 % termasuk kategori baik, sedangkan skor terendah pada penilaian psikomotor yaitu 66,6 % termasuk kategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa profil instrumen penilaian pembelajaran Biologi kelas XI semester genap di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 termasuk kategori baik (74,96 %).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11368
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV