• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Materi Ajar Wacana Bahasa Indonesia berbasis Kontekstual untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (320.0Kb)
    Date
    2016
    Author
    Wahyuni, Tutik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mengkaji pentingnya materi ajar Wacana bahsaa Indonesia sebagai sarana untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pemahaman materi ajar: Wacana bahasa Indonesia. Materi ajar yang baik merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran di Perguruan Tinggi. Kenyataan menunjukkan bahwa materi ajar Wacana yang benar-benar sesuai dengan hakikat fungsi bahasa dalam kurikulum dan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran kontekstual belum tersedia terutama untuk mahasiswa Pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia (selanjutnya disingkat PBSI) di Perguruan Tinggi Se-Surakarta. Oleh karena itu pengembangan materi ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dan sesuai karakteristik mahasiswa PBSI di Perguruan Tinggi se- Surakarta sangat diperlukan. Tulisan ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran Wacana bahasa Indonesia. Tulisan ini menggunakan metode pengembangan dengan langkah-langjah mengkaji kurikulum, melakukan survey terhadap materi ajar yang digunakan dan mengembangkan materi ajar sebagai prototipe dengan karakteristik yang dibutuhkan. Hasil survey menunjukkan belum ada buku ajar yang sesuai dengan kurikulum dan karakteristik mahasiswa PBSI di Perguruan Tinggi se-Surakarta. Proses pengembangan menghasilkan draf materi ajar untuk mahasiswa dan dosen. Hasil materi ajar wacana bahasa Indonesia yang diperoleh dari tulisan ini adalah Penggunaan pendekatan kontekstual dilakukan dengan menggunakan tujuh komponen. Konstruktivisme, questioning, inquiry, learning community, modelling, refleksi, dan authentic assessment.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11483
    Collections
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV