• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Model Word Square pada Siswa Kelas III SD Negeri 8 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (281.6Kb)
    Date
    2016
    Author
    Hermarita, Indra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 8 Purwodadi Grobogan belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 71. siswa maupun guru menganggap keterampilan membaca pemahaman sulit untuk dikuasai maupun diajarkan. Penggunaan media dan teknik pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan belum maksimal. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran word square yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 8 Purwodadi Grobogan. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan membaca pemahaman dan variabel model word square. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa sebelum diberi tindakan, yaitu sebesar 52,86 dan berada dalam kategori kurang cukup. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 10,97 atau 20,75% menjadi sebesar 63,83 dan berada dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman meningkat sebesar 19,96 atau 31,27% menjadi sebesar 83,79 dan berada dalam kategori baik. Selain itu, hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih berfokus terhadap penjelasan guru, lebih santun dalam berperilaku, percaya diri, dan saling menghargai dalam kegiatan presentasi, serta lebih mampu bekerja sama dengan temannya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11484
    Collections
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV