• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil III 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil III 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Dampak Parkir terhadap Lalu Lintas dan Solusinya di Ruas Jalan Komodor Yos Sudarso Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (840.4Kb)
    Date
    2013
    Author
    Suwardi, S
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kota Surakarta yang mempunyai luas wilayah 44,06 km2, jumlah penduduk 515.372 jiwa terdiri laki-laki 246.132 jiwa dan perempuan 269.240 jiwa. Bila tidak diimbangi dengan penataan parkir di ruas jalan, maka akan terjadi kemacetan, sehingga semua kegiatan menjadi tidak lancar. Salah satu masalah yang sering terjadi di daerah perkotaan adalah tentang masalah parkir kendaraan di badan jalan. Guna mengatasi masalah parkir di ruas jalan Kota Surakarta, maka perlu adanya kajian tentang masalah parkir. Tujuan penelitian adalah: (1). menganalisis karakteristik parkir di ruas jalan yang meliputi: akumulasi parkir, indek parkir, turn over, lama parkir, jumlah parkir, pendapatan parkir dan kebutuhan ruang parkir, serta menganalisis kapasitas jalan. (2) menganalsis pengaruh parkir di ruas jalan terhadap: volume lalulintas, tingkat pelayanan ada parkir, kecepatan, biaya saat ada parkir dan tanpa parkir, serta solusinya. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam perencanaan, penataan dan solusi parkir yang akan datang di ruas jalan perkotaan. Metode penelitian adalah diskriptif analitis yaitu mencari data data langsung di lapangan. Tempat penelitian ruas jaringan jalan Kota Surakarta, Jalan Komodor Yos Sudarso. Kesimpulan penelitian (1). Jalan Komodor Yos Sudarso ruas timur adalah, akumulasi parkir tertinggi rata-rata parkir tertinggi 82 kendaraan, kapasitas parkir 75 SRP. Indek parkir tertinggi rata-rata 109%. Turn over parkir rata 7,9 kendaraan/SRP. Karakteristik parkir sepeda motor, jumlah parkir rata-rata 1263 kendaraan. Akumulasi parkir rata-rata parkir tertinggi 166 kendaraan, kapasitas parkir 200 SRP. Indek parkir tertinggi rata-rata 183%. Turn over parkir rata 5,7 kendaraan/SRP. Pendapatan parkir Rp. 1.449.000,-/hari. Kerugian yang ditanggung pengguna lalulintas Rp. 2.687.500,-/hari. Kerugian yang ditanggung pengguna lalulintas setelah dikuranggi pendapatan parkir 1.238.500,-/hari. (2).Jalan Yos Sudarso Ruas Barat adalah jumlah parkir rata-rata 509 kendaraan. Akumulasi parkir rata-rata parkir tertinggi 70 kendaraan, kapasitas parkir 75 SRP. Indek parkir tertinggi rata-rata 90%. Turn over parkir rata 6,8 kendaraan/SRP. Karakteristik parkir sepeda motor, jumlah parkir rata-rata 1302kendaraan/hari. Akumulasi parkir tertinggi rata-rata parkir tertinggi 186 kendaraan, kapasitas parkir 200 SRP. Indek parkir tertinggi rata-rata 94%. Turn over parkir rata 7 kendaraan/SRP. Pendapatan parkir Rp. 2487.000,-/hari. Kerugian yang ditanggung pengguna lalulintas Rp. 3.530.500,-/hari. Kerugian yang ditanggung pengguna lalulintas setelah dikuranggi pendapatan parkir 2.042.000,-/hari.Dari hasil analisis menunjukan perlu adanya penataan parkir agar parkir tidak berada di ruas jalan dan setiap toko atau kegiatan yang memerlukan lahan parkir perlu menyediakan lahan parkir salah dengan cara lantai baseman untuk lahan parkir.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11538
    Collections
    • Seminar Nasional Teknik Sipil III 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV