• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS X 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS X 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kajian Persepsi dan Dampak Berganda (Multiplier Effect) Masyarakat untuk Pengembangan Pariwisata Lembah Asri Serang di Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (389.7Kb)
    Date
    2019
    Author
    Sarjanti, Esti
    Rahmawati, Nur Kartika
    Sriwanto, Sigid
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan dampak berganda (multiplier effect) untuk pengembangan objek pariwisata lembah asri serang (D’LAS) di Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Data yang digunakan yaitu data primer berupa persepsi, pendapatan dan pengeluaran tenaga kerja, pelaku usaha dan wisatawan yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu tenaga kerja berjumlah 30 orang, pelaku usaha berjumlah 47 orang dan wisatawan yang tak pasti. Sampel tenaga kerja dan pelaku usaha diperoleh menggunakan teknik random sampling (20%) dari populasi dengan jumlah 14 orang tenaga kerja dan 16 orang pelaku usaha, sedangkan wisatawan berjumlah 20 orang yang diambil dengan teknik incidental sampling. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan multiplier effect. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu persepsi tenaga kerja memberikan penilaian sebesar 87,3% dan pelaku usaha memberikan penilaian sebesar 86,8% yang artinya kondisi objek pariwisata sangat baik, sedangkan wisatawan memberikan penilaian sebesar 73,8% dengan kategori baik terhadap kondisi objek Dampak berganda (multiplier effect) bagi masyarakat meliputi dampak langsung, tidak langsung dan lanjutan yang dihitung dengan rumus multiplier effect. Hasil Keynesian Income Multiplier diperoleh sebesar 7,9 yang artinya dampak berganda memberikan dampak ekonomi yang besar terhadap kegiatan wisata karena nilainya diperoleh lebih besar dari 1 (1), sedangkan Ratio Income Multiplier Tipe I diperoleh sebesar 1,6 dan Ratio Income Multiplier Tipe II sebesar 1,9 artinya dampak ekonomi telah memberikan dampak yang besar karena nilai Ratio Income Multiplier Tipe I dan Ratio Income Multiplier Tipe II lebih besar atau sama dengan satu (≥1).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11630
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS X 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV