• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-18 RAPI 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-18 RAPI 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Produktivitas pada Proses Belajar Mengajar di Ruang Kelas dengan Menggunakan Stimulasi Cahaya dan Suara untuk Meningkatkan Fokus dan Kenyamanan Peserta Ajar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (849.0Kb)
    Date
    2019
    Author
    Candra, Henry
    Setyaningsih, Endah
    Pragantha, Jeanny
    Chai, Rifai
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Prduktivitas proses belajar mengajar di ruang kelas sangat dipengaruhi oleh tingkat fokus dan kenyamanan dari para peserta ajar. Dengan menggunakan stimulasi berupa cahaya dan suara level fokus dari para peserta di dalam ruang kelas dapat ditingkatkan. Stimulasi cahaya dilakukan dengan melakukan penyesuaian iluminasi pencahayaan yang sesuai standar dan pemilihan temperatur warna cahaya. Sedangkan stimulasi suara dilakukan dengan membangkitkan gelombang suara yang memiliki frekuensi yang beresonansi dengan frekuensi gelombang otak. Pada penelitian ini dilakukan investigasi untuk mengetahui pengaruh dari kombinasi stimulasi cahaya dan suara di ruang kelas pada peserta yang sedang mengikuti suatu pelajaran di kelas tersebut. Percobaan dilakukan dengan mempersiapkan suatu ruang kelas yang dilengkapi dengan penstimulasi cahaya dan suara. Pemantauan level fokus dan kenyamanan dari para peserta diukur dengan menggunakan kuesioner, di mana para peserta diminta untuk menilai tingkat kenyamanan dan fokus mereka dengan memilih temperatur warna cahaya yang paling sesuai untuk masing-masing peserta. Beberapa peserta juga direkam pola gelombang otaknya dengan menggunakan electroencephalography. Hasil analisis dari kuesioner dan pola gelombang otak menunjukkan bahwa pengaturan iluminasi dan pemilihan temperatur warna cahaya yang dikombinasikan dengan stimulasi suara dapat meningkatkan level fokus dan kenyamanan dari para peserta ajar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11734
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-18 RAPI 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV