• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Bimbingan Belajar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (351.8Kb)
    Date
    2018
    Author
    Rizkiyana, Ria
    Ruhaena, Lisnawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD MK. Hal tersebut ditunjukan dari keluhan dari guru kelas subjek yang menyebutkan bahwa subjek yang belum hafal huruf. Subjek mampu menyebutkan beberapa huruf saja, untuk huruf vokal subjek mampu mengurutkan tetapi selalu tertinggal untuk huruf e, jika huruf vokal diacak subjek masih kebingungan untuk membacanya. Selain itu, subjek sulit menyelesaikan soal cerita tertulis saat proses pembelajaran di kelas, selain belum hafal huruf, dalam menyalin tulisan di papan tulis subjek cenderung lambat sehingga tertinggal. Orang tua subjek juga mengeluhkan bahwa ketika di rumah subjek jarang sekali belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu subjek dalam meningkatkan kualitas belajar agar kemampuan membaca permulaannya meningkat. Kemampuan membaca permulaan subjek yang rendah ditangani dengan memberikan bimbingan belajar dengan metode abacabaca di mana subjek belajar membaca dan menulis. Selain itu, konseling behavioral diberikan kepada orang tua untuk mengidentifikasi dan menemukan alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan subjek, serta mendukung berjalannya bimbingan belajar dalam jangka panjang. Hasil dari diberikannya bimbingan belajar ketika di rumah orangtua masih belum bisa mengkondisikan subjek untuk belajar secara di rumah. Subjek sudah belajar di rumah dengan kakaknya tetapi belum dapat secara rutin. Guru wali kelas subjek menyebutkan bahwa subjek sudah ada sedikit perubahan dengan mau menulis apa yang ditugaskan, tetapi masih sangat lambat pengerjaannya, sampai ganti jam pelajaran subjek baru selesai mengerjakan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11896
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV