• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Melatih Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar melalui Teknik Bermain dan Psikoedukasi Orangtua

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (292.7Kb)
    Date
    2018
    Author
    Arminingtyas, Ikha Junianti
    Ruhaena, Lisnawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah penelitian yaitu rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta. Hal tersebut berdasarkan keluhan dari guru kelas dan orangtua yang menjelaskan bahwa subjek belum bisa membaca, lamban jika diminta untuk menulis, menunjuk setiap kata yang dibaca menggunakan jari telunjuk, dan ketika diminta mengeja huruf untuk dibaca, serta subjek sering membaca terlebih dahulu suku kata terakhir yang dieja (misalnya buku dibaca kubu). Kesulitan membaca permulaan dialami subjek, sebab kurang pembiasaan dan pendampingan belajar yang dilakukan oleh orangtua ketika di rumah. Tujuan penelitian ini membantu melatih keterampilan membaca permulaan. Kesulitan membaca permulaan pada subjek ditangani dengan memberikan psikoedukasi kepada orangtua tentang alternatif cara pendampingan belajar di rumah yang dapat dilakukan untuk membantu melatih keterampilan membaca dan memberi bimbingan belajar kepada subjek melalui Metode Bermain. Hasil pemberian psikoedukasi kepada orangtua adalah orangtua sudah mau mulai pendampingan dan pembimbingan belajar membaca kepada subjek menggunakan buku bacaan dari sekolah; walaupun belum rutin dilakukan setiap hari. Sedangkan hasil pembimbingan belajar adalah subjek sudah mulai bisa membaca kata yang terdiri dari tiga sampai empat huruf dengan lancar, sudah tidak menggunakan jari telunjuk untuk menunjuk kata yang sedang dibaca, dan sudah mampu untuk membaca kata dengan benar; tidak terbalik dalam membaca urutan suku kata pada suatu kata.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11900
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV