• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 8 2020
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 8 2020
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Beban Kerja Mental Pengemudi Go-Jek menggunakan Metode NASA TLX

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (551.1Kb)
    Date
    2020
    Author
    Al-Bana, Nuzila Putri
    Suryoputro, Muhammad Ragil
    Az-Zahrah, Nadhita
    Afifah, Jihan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemacetan di Indonesia menimbulkan beberapa kerugian bagi para pengemudi, salah satu dinataranya adalah kerugian psikologis. Untuk menangani permasalahan kemacetan ini timbul berbagai alternatif, yang salah satu diantaranya adalah timbulnya platform penyedia jasa berkendara online GO-JEK. Dalam hal ini pengendara akan merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransportasi karena tidak akan mengalami kemacetan secara langsung. Namun, pengemudi GO-JEK justru akan merasakan langsung dampak negatif dari kemacetan itu. Tingginya permintaan dapat menimbulkan dampak fisik maupun mental pada pengemudi GO-JEK. Tingkat beban kerja mental yang tinggi dapat menyebabkan munculnya perasaan lelah, letih, lesu dan berkurangnya kewaspadaan. Untuk mengetahui tingkat beban kerja mental pada pengemudi GO-JEK dilakukannya pengukuran dengan metode NASA TLX (National Aeronautics and Space Administration Task Load Index). Pada metode ini terdapat 6 indikator yang dinilai yaitu Mental demand, Physical demand, Temporal demand, Performance, Effort, dan Frustation level. Dari 30 pengemudi GO-JEK, diketahui 21 diantaranya memiliki skor tingkat beban kerja mental yang masuk dalam klasifikasi tinggi. Berdasarkan skor yang diproleh, diketahui bahwa indikator yang paling mempengaruhi besarnya beban kerja mental dari pengemudi GO-JEK adalah indikator effort yaitu sebesar 29,808%. Dari data tersebut juga diketahui bahwa korelasi antara indikator dengan skor beban kerja mental diketahui memiliki tingat korelasi sebesar 0,811. Nilai ini menunjukkan bahwa hubungan antara indikator erat.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11937
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 8 2020

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV