• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil X 2020
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil X 2020
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Aspek Pemasaran Proyek Infrastruktur di Indonesia (Studi Kasus: Proyek Pembangkit Listrik Skala Kecil, PLTMH Sulawesi Selatan)

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.568Mb)
    Date
    2020
    Author
    Simanjuntak, Manlian Ronald A.
    Rinaldi, Runsa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembangunan infrastruktur merupakan urat nadi pertumbuhan ekonomi nasional. Infrastruktur menjadi salah satu aspek penting untuk mempercepat pembangunan ekonomi. Lebih dari itu, infrastruktur juga merupakan salah satu faktor penting penentu dalam pemerataan pembangunan dan kesejahteraan. Berikut ada beberapa jenis infrastruktur antara lain: jalan, bandara udara, jalur keretaapi, pelabuhan, air bersih, energi dll. Pada dasarnya strategi pemasaran kontraktor dapat dibagi dalam lima cara yaitu pemilihan pasar, produk, harga, distribusi, dan promosi. Perbedaan dalam hal cara penyusunan rencana pemasaran pada kontraktor besar, menengah, dan kecil, tampaknya tidak membuat pendekatan strategi pemasaran mereka secara umum berbeda satu sama lainnya. Ada beberapa permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses bisnis proyek infrastruktur, apa saja faktor dan variabel aspek pemasaran proyek infrastruktur dan apa hasil analisis pengaruh aspek pemasaran dalam meningkatkan kinerja biaya operasional proyek infrastruktur. Metodologi penelitian ini menggunakan beberapa teori dan rumus rumus perhitungan dari berbagai sumber baik data primer yang didapat dengan memberikan kuesioner ke para responden maupun sekunder yang didasari oleh peraturan-peraturan yang sesuai dengan pembahasan serta mengumpulkan data-data melalui jurnal, literarutur dan buku-buku terkait pemasaran infrastruktur. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ada beberapa faktor aspek pemasaran yang mempengaruhi kinerja biaya operasinoal diantaranya yang dominan adalah X35 (perlu dilakukan pengelompokkan pasar berdasarkan jenis usaha), X15 (diperlukan kesiapan alat kerja dan material), X1 (diperlukan pemahaman proses produksi), X28 (diperlukan kepastian jenjang karir), X13 (perlu kecukupan modal kerja), X23 (diperlukan birokrasi yang efektif dalam pengambilan keputusan), variabel X21 (diperlukanpenempatan posis alat kerja yang tepat).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12180
    Collections
    • Seminar Nasional Teknik Sipil X 2020

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV