• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceedings Book International Conference on Early and Elementary Education
    • Proceedings Book International Conference on Early and Elementary Education 2021
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceedings Book International Conference on Early and Elementary Education
    • Proceedings Book International Conference on Early and Elementary Education 2021
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Potret Perubahan Karakter Ramah dan Percaya Diri pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kampung Wisata Pelangi Semarang

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (239.2Kb)
    Date
    2021-05
    Author
    Pratiwi, Sendy
    Nugraheni, Tentrem Wahyu
    Mulyadi, M
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berfokus pada pembentukan karater anak usia sekolah dasar melalui adanya Kampung Pelangi di Semarang. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari dicetuskannya Kampung Wisata Pelangi ini terhadap perkembangan karakter anak usia SD, terutama ramah dan percaya dirinya dalam kehidupan sehari-hari.. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif menghasilkan deskripsi analitik tentang fenomena-fenomena secara murni bersifat informatif dan berguna bagi masyarakat peneliti, pembaca dan juga partisipan. Sedangkan penelitian deskriptif pada umumnya dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Penelitian ini akan mendeskripsikan tenang, yakni dengan wawancara yang berkaitan dengan objek penelitian. Karena data yang dikumpulkan berupa tuturan, kata-kata dan kalimat-kalimat. Kampung Wisata Pelangi berawal dari Desa Gunung Brintik yang dikenal sebagai perkampungan kumuh. Kemudian, terdapat ide dari pencetus untuk mengubahnya menjadi Kampung Wisata Pelangi. Dari ide tersebut terdapat berbagai perubahan, salah satunya yaitu perubahan karakter ramah dan percaya diri pada anak. Dalam mewujudkan perubahan karakter tersebut dilakukan penanaman pendidikan karakter pada anak sejak dini. Penanaman karakter tersebut berhasil dengan adanya perubahan karakter pada anak yang awalnya bersikap minder dan acuh tak acuh menjadi ramah dan percaya diri. Namun, perubahan tersebut dikatakan berhasil jika anak dirangsang terlebih dahulu dengan berbagai pertanyaan, sikap, dan lain-lain untuk memancing respon anak.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12539
    Collections
    • Proceedings Book International Conference on Early and Elementary Education 2021

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV