• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Seminar Nasional Pembelajaran Geografi 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Seminar Nasional Pembelajaran Geografi 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali Semester 1 Tahun Pelajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    2_Djoko Heriyanto.pdf (340.2Kb)
    Date
    2011-04
    Author
    Heriyanto, Djoko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw, 2) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw. Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw dilakukan pada siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Cepogo Kabupaten Boyolali semester 1 tahun pelajaran 2010/2011 pada kompetensi dasar Menjelaskan Fenomena Biosfer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung melalui pengamatan dan atau pencatatan langsung saat pelaksanaan proses belajar mengajar, sedangkan data sekunder diperoleh dari data-data statistik yang tersedia di sekolahan. Hasil belajar siswa diperolah melalui tes, sedangkan peningkatan motivasi belajar diperoleh melalui angket dan wawancara langsung kepada siswa. Data tersebut kemudian dibuat tabulasi dan dibandingkan antara siklus satu dengan siklus berikutnya, kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Cepogo Kabupaten Boyolali Semester 1 tahun pelajaran 2010/2011 pada kompetensi dasar Menjelaskan Fenomena Biosfer. Terjadi peningkatan hasil belajar secara signifikan pada pra siklus nilai ratarata 60,42, meningkat pada siklus kedua menjadi 67,81, dan pada siklus kedua rata-rata 72,60. Siswa yang mengalami ketuntasan belajar berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 66 dari 24 siswa pada pra siklus pertama 12 siswa (50 persen), siklus pertama 17 siswa (70,83 persen), dan siklus kedua 21 (87,5 persen). Sedangkan dari segi motivasii belajar, ada kecenderungan peningkatan motivasi belajar dari siklus pertama dan siklus kedua. Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk menguasai materi pelajaran tertentu. dan mengupayakan siswa untuk mampu mengajarkan kepada siswa lain. Mengajar teman sebaya dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang bersamaan, ia menjadi nara sumber bagi teman yang lain.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1535
    Collections
    • Seminar Nasional Pembelajaran Geografi 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV