• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Seminar Nasional Pembelajaran Geografi 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Seminar Nasional Pembelajaran Geografi 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Untuk Eningkatan Perilaku Sosial Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI Ips 2 Sma Negeri Jumapolo Karanganyar Tahun Pelajaran 2006/2007

    Thumbnail
    View/Open
    3_Dwi Susianto.pdf (485.7Kb)
    Date
    2011-04
    Author
    Susianto, Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Untuk Peningkatan Perilaku Sosial Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar Tahun Pelajaran 2006/2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang berupa : (1) Peningkatan perilaku sosial siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2006/2007 dengan pembelajaran kooperatif metode jigsaw, (2) Peningkatan prestasi belajar mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2006/2007 dengan pembelajaran kooperatif metode jigsaw. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahunpelajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan datanya yang berkaitan dengan metode pembelajaran menggunakan kuesioner, untuk perilaku sosial siswa dengan pengamatan, sedang untuk prestasi belajar mata pelajaran geografi menggunakan tes prestasi. Metode wawancara digunakan dalam pengumpulan data yang berkaitan dengan kondisi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo tahun pelajaran 2006/2007. Teknik analisa data menggunakan analisa perbandingan dengan cara data yang didapat pada peristiwa-peristiwa pertama ke peristiwa berikutnya dipaparkan dan diperbandingkan kemudian diungkapkan dalam bentuk kata-kata atau dideskripsikan. Setelah dilakukan analisis diperoleh kesimpulan : (1) penerapan pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan perilaku sosial siswa yang dibuktikan dengan perolehan rerata skor nilai unsur-unsur pembentuk perilaku sosial yang diperoleh siswa pada pembelajaran siklus I = 2,49, pada siklus ke II = 2,69 dan pada siklus ke III = 2,93, (2) terdapat manfaat dalam penerapan pembelajaran kooperatif metode jigsaw untuk peningkatan prestasi belajar mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2006/2007, dibuktikan dengan rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada siklus ke I = 63,18 dengan siswa tuntas belajar sebanyak 63 %, pada siklus ke II = 75,95 siswa yang tuntas belajar sebanyak 79 %, sedang pada siklus ke III = 76,54 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 86 %.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1536
    Collections
    • Seminar Nasional Pembelajaran Geografi 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV