• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Seminar Nasional Pembelajaran Geografi 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Seminar Nasional Pembelajaran Geografi 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Geografi Konsep Pedosfer Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Siswa Kelas X Sma Negeri I Klirong Kabupaten Kebumen

    Thumbnail
    View/Open
    4_Dwi Wurciptaningsih.pdf (693.1Kb)
    Date
    2011-04
    Author
    Wurciptaningsih, Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan PTK ini adalah: (a) Untuk meningkatkan minat belajar geografi pada konsep Pedosfer, (b) Untuk meningkatan hasil belajar Geografi pada konsep Pedosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe investigasi Kelompok di kelas X SMA N 1 Klirong tahun pelajaran 2008/2009. PTK ini dilakukan melalui 2 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes diolah dengan menggunakan deskripsi persentase. Nilai yang diperoleh siswa dirata-rata untuk menemukan tingkat pemahaman konsep pedosfer para siswa dalam pembelajaran Geografi. Data kualitatif yang diperoleh dari observasi dan angket siswa, diklasifikasikan berdasarkan aspekaspek yang dijadikan fokus analisis. Data kuantitatif dan kualitatif ini kemudian dikaitkan sebagai dasar untuk mendeskripsikan keberhasilan penerapan model pembelajaran investigasi kelompok yang ditandai dengan peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi konsep pedosfer dalam pembelajaran geografi secara klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang di terapkan pada pembelajaran Geografi konsep pedosfer terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa baik secara individual maupun klasikal, menumbuhkan kemampuan bekerja sama, berfikir kritis, dan pada saat bersamaan juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan yaitu dari nilai rata-rata siswa 59 pada pra siklus, menjadi 67,5 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 71,77 pada siklus ke 2. Sehingga pembelajaran Geografi konsep pedosfer dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terbukti mampu meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1537
    Collections
    • Seminar Nasional Pembelajaran Geografi 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV