• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENGUNGKAP POTENSI, MEMBANGUN KARAKTER : VISI PENDIDIKAN KINI DAN ESOK.

    Thumbnail
    View/Open
    B2. Nanik-UMS (fixed).pdf (39.79Kb)
    Date
    2012-04-21
    Author
    Prihartanti, Nanik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan sebuah pembelajaran, selain ditentukan oleh materi pembelajaran juga oleh ketepatan pemilihan strategi dan metode pembelajaran. Model pembelajaran pendidikan karakter menuntut strategi yang dapat memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan kepribadian secara utuh dan komprehensif. Artinya pembelajaran harus memberikan kesempatan pada pembelajar untuk mengeksplorasi potensi-potensi dirinya. Menjadi berkarakter berarti dapat mengembangkan sifat-sifat posistif yang di luar sifat-sifat bawaan mereka secara alamiah. Karakter secara esensial adalah segala sesuatu yang dipelajari untuk dipikirkan, dirasakan, atau dilakukan yang sebenarnya tidak alamiah dan membutuhkan usaha untuk mengembangkannya. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap program pendidikan apresiasi seni (PAS) dapat disimpulkan bahwa seni tradisi berpotensi sebagai media pendidikan karakter. Metode pembelajaran dalam program PAS yang dikemas dalam kegiatan ekstra kurikuler ini memungkinkan jarak sosial antara tutor (guru) dengan anak (siswa) menjadi longgar. Keuntungan model pembelajaran seperti ini adalah dapat memfasilitasi tumbuh kembangnya aspek afeksi, kognisi, dan psikomotorik secara integratif. Dengan cara seperti ini terbuka kemungkinan untuk dapat menggali potensi-potensi positif siswa. Tantangannya adalah kesiapan guru untuk berperan sebagai fasilitator dengan pemahaman dinamika kelompok yang benar. Kesediaan guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk bereksplorasi dalam membangun karakter. Melalui kerjasama yang sinergis dengan para guru mata pelajaran, bagian kesiswaan dan dukungan kepala sekolah, sangat dimungkinkan dilakukan pendidikan berbasis karakter yang senyatanya , kini dan esok.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1756
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV