• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: APAKAH MENJADIKAN ANAK-ANAK LEBIH BAIK?

    Thumbnail
    View/Open
    C6. Usmi-UMS (fixed).pdf (43.42Kb)
    Date
    2012-04-21
    Author
    Karyani, Usmi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Gencarnya sounding mengenai urgensi pendidikan karakter disambuat baik oleh banyak pihak, sehingga ghirah (semangat) melaksanakan pendidikan karakter cukup terasa di mana-mana. Pemerintah telah mencanangkan aksi nasional untuk mensukseskan pendidikan karakter sehingga akan berkembang generasi didamba, yakni individu yang baik sebagai pribadi, baik sebagai warga masyarakat, dan baik juga sebagai warga negara. Secara khusus sekolah mendapat mandat untuk melaksanakan pendidikan karakter karena sekolah, selain bertugas membantu para siswa agar menjadi pandai, juga harus mampu menjadikan siswa menjadi lebih baik. Meski sudah menjadi aksi nasional namun rasa pesimis masyarakat terhadap efektifitas pendidikan karakter masih banyak terdengar. Pertanyaannya adalah apakah pendidikan karakter memang benar menjadikan anak-anak di sekolah lebih baik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut saat ini tentu cukup sulit mengingat pencanangan pendidikan karakter secara lebih sistematis sebagai aksi nasional baru dilakukan sejak 2 tahun. Melalui tulisan ini disajikan data yang berasal dari implementasi pendidikan karakter di Barat (AS) yang dipotret melalui Proyek What Works in Character Education (2005), dan satu contoh implementasi di Indonesia yang telah dilakukan oleh Yayasan Jati Diri Bangsa sejak beberapa tahun lalu. Data dari kedua contoh implementasi tersebut menunjukkan bahwa pendidikan karakter berdampak positif baik pada level individu (siswa, guru) maupun institusi sekolah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1766
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV