• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PERMASALAHAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PRA-SEKOLAH (Studi di TK Al Ghoniyyah Malang)

    Thumbnail
    View/Open
    C7. Ni'matu-UMM (fixed).pdf (47.08Kb)
    Date
    2012-04-21
    Author
    Ni’matuzahroh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan karakter merupakan sebuah proses panjang yang harus dilakukan sejak anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter mengingat selama ini belum adanya kesinambungan antara nilai-nilai karakter yang diajarkan di sekolah dengan di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di TK Al- Ghoniyyah Malang dengan subjek penelitian sebanyak 28 orangtua dan 11 guru. Metode pengumpulan data menggunakan angket semi terbuka (questionnaire). Analisa data menggunakan analisis non-statistik dengan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan orangtua dan guru memiliki pandangan bahwa pendidikan karakter sangat penting ditanamkan sejak dini sebagai bekal anak dalam menempuh hidup, anak memiliki kepribadian yang tangguh dan nilai-nilai dapat tertanam sampai anak dewasa. Adanya kesamaan nilai karakter yang ditanamkan di sekolah dan di rumah yaitu nilai kejujuran, keadilan, tenggang rasa, empati, tanggungjawab, menghargai, kebaikan, kedisiplinan dan keislaman, walau penekanan nilai yang diberikan di rumah dan di sekolah memiliki perbedaan. Pendidikan karakter dilakukan saat melakukan aktivitas sehari-hari dengan memberi contoh langsung pada anak, dan meminta anak mempraktekkannya langsung. Kendala yang muncul adalah perbedaan pendapat dengan lingkungan keluarga, faktor usia dan kemampuan anak dalam mencerna nilai-nilai karakter yang diajarkan, kesibukan orangtua bekerja sehingga waktu anak lebih banyak dengan oranglain.Upaya yang dilakukan orangtua dan guru untuk mengatasi kesulitan dalam pendidikan karakter adalah memberi pemahaman, keteladanan pada anak maupun sharing kesulitan yang dihadapi dalam pendidikan karakter, membangun komunikasi antara sekolah dan orangtua.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1767
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV