• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN METODE DONGENG

    Thumbnail
    View/Open
    D1. Latifah-UMK (fixed).pdf (73.20Kb)
    Date
    2012-04-21
    Author
    Ahyani, Latifah Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Membangun kecerdasan moral sangat penting dilakukan agar suara hati anak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga mereka dapat menangkis pengaruh buruk dari luar. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada anak usia dini adalah dengan mendongeng. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui metode dongeng dalam meningkatkan perkembangan kecerdasan moral anak usia prasekolah. Subjek penelitian adalah siswa TK B berusia 5 tahun. Jumlah subjek pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama yaitu masing-masing 17 anak, 8 anak berjenis kelamin laki-laki dan 9 anak berjenis kelamin perempuan. Rancangan penelitian ini menggunakan model The Untreated Control Group Design with Pretest and Posttest. Desain ini menggunakan dua kelompok yang diamati yang terdiri dari satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Pengukuran dilakukan dua kali dengan menggunakan instrumen pengukuran kecerdasan moral yaitu sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan sesudah diberikan perlakuan (post-test).Hasil analisis dengan menggunakan teknik analisis covariance (anacova) menunjukkan hipotesis pertama dinyatakan diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa ada perbedaan post-test yang signifikan pada level 0,05 antara kelompok yang mendapatkan metode dongeng dengan kelompok yang tidak mendapatkan metode dongeng dengan p = 0,00 (p < 0,05). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa hipotesis kedua dinyatakan diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa ada perbedaan nilai pre-test dan pos-test yang signifikan pada level 0,05 pada kelompok yang mendapatkan metode dongeng dengan p = 0,00 (p < 0,05). Hasil analisis menunjukkan besarnya sumbangan metode dongeng terhadap kecerdasan moral anak usia prasekolah adalah 34 %.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1772
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV