• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL EVALUASI NILAI-NILAI LUHUR (MENIL) PADA PEMBELAJARAN SAINS, BERBASIS POTENSI DAERAH : SUATU PENDEKATAN MODEL

    Thumbnail
    View/Open
    D5. Eny-UNIMUS (fixed).pdf (91.10Kb)
    Date
    2012-04-21
    Author
    Winaryati, Eny
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sains merupakan pengetahuan alam yang telah mengalami uji kebenaran melalui metode ilmiah dengan ciri: objektif, metodik, sistimatis, universal, dan tentatif. Sains sangat terkait dengan upaya memahami berbagai fenomena alam. Potensi daerah meliputi: Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), kultur budaya, dan karakter sosial, menjadi potensi yang dapat didayagunakan dan dikembangkan, sebagai sumber belajar dan laboratorium, untuk kepentingan pembelajaran sains. Hal ini selaras dengan UU No.20 Tahun 2003; bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Didukung UU No. 22 tahun 1999, Pemda beserta jajarannya, dan masyarakat mempunyai kewajiban dan kewenangan untuk dapat mengelola dan mengoptimalkan potensi daerah. Lembaga pendidikan mempunyai peran strategis untuk mewujudkannya. Harapannya dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan perilaku kepada peserta didik agar memiliki wawasan yang mantap tentang potensi daerahnya. Melalui pembelajaran yang berulang-ulang, karakter akan terbentuk, dan penanaman nilai-nilai luhur menjadi strategis serta relevan untuk diterapkan. Pendidikan Sains sekarang ini harus menitikberatkan pada pengembangan toksonomi pendidikan Sains, melalui empat domain sains (Sikap ilmiah, Proses ilmiah, Produk sains, dan Aplikasi sains) yang terintegrasi dan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Melalui empat domain ini, pembelajaran sains berbasis potensi daerah, menjadi strategis untuk penanaman nilai-nilai luhur bagi siswa. Mengingat pembelajaran dan penilaian diibaratkan satu keping mata uang, maka pada penilaian ke-empat domain sains diatas harus ada. Penilaian berisi sederet perilaku, unjuk kerja, kemampuan, dan sikap penalaran berbasis nilai-nilai luhur. Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan pula bagaimana kegiatan evaluasi dilakukan. Melalui evaluasi pembelajaran sains berbasis nilai-nilai luhur, dapat diketahui sampai sejauh mana penyampaian pembelajaran sains berbasis potensi daerah dapat dicapai sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Dapat diketahui perkembangan hasil belajar, hubungan sosial, sikap, kepribadian siswa dan keberhasilan program pembelajaran. Berkenaan dengan evaluasi nilai-nilai luhur pada pembelajaran sains berbasis potensi daerah ini, maka perlu dilakukan suatu pendekatan model evaluasi. Model evaluasi yang dirancang merupakan modifikasi antara CIPP dengan Kirkpatrick's, disebut dengan Model Evaluasi Nilai-Nilai Luhur (MENIL). Model evaluasi ini memberikan dampak pada proses pembelajaran dan penilaian nilai-nilai luhur, serta menempatkan pembelajaran, penilaian dan evaluasi dalam satu garis lurus. Tahapan evaluasinya meliputi 1) Sikap Ilmiah (Reaction of student, Kirkpatrick's model); 2) Proses Ilmiah (Process, CIPP Model); 3) Produk Sains (Produk, CIPP Model); 4) Aplikasi Sains (Behavior, Kirkpatrick's model).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1776
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV