• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-08 RAPI 2009
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-08 RAPI 2009
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS EFISIENSI DISTRIBUSI PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

    Thumbnail
    View/Open
    4. Paper_I-006.pdf (200.3Kb)
    Date
    2009-08-17
    Author
    Pratiwi, Indah
    Nandiroh, Siti
    Miski, Atirotul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Produsen hendaknya dapat meningkatkan efisiensi dari setiap wilayah distribusi pemasarannya agar dapat mencapai target pasar yang telah ditentukan. Bila perusahaan memiliki saluran distribusi yang cukup potensial maka perusahaan itu akan dapat menguasai pasar, karena hasil produksi perusahaan tersebut dapat menyebar secara luas. PT. Aksara SoloPos merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penerbitan surat kabar. Perusahaan ini memiliki perolehan laba bervariasi dari setiap saluran distribusi yang dimiliki, ini menyebabkan perolehan laba dari perusahaan kurang optimal dan perlu adanya penentuan saluran distribusi yang paling efektif yang memiliki volume penjualan paling tinggi dengan pencapaian laba yang optimal, sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai acuan untuk memperbaiki saluran wilayah distribusi yang inefisien menjadi efisien. Pada penelitian ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA), karena DEA merupakan metode pembanding yang mampu menganalisa tingkat efisiensitas dari beberapa daerah distribusi pemasaran yang setaraf atau selevel, dengan menggunakan masing-masing input output yang dimiliki. Hal tersebut akan dapat diketahui daerah distribusi mana yang seharusnya bisa lebih ditingkatkan efisiensi pemasarannya, dan langkah apa yang harus ditempuh. Dari 9 Decision Making Units (DMU) yang diolah didapatkan hasil bahwa terdapat 4 (empat) Daerah Distribusi Pemasaran yang mempunyai tingkat efisiensi yang sempurna (TE=1), yaitu daerah Solo, Wonogiri, Sukoharjo, Purwodadi. Dan terdapat 5 (lima) daerah distribusi pemasaran yang inefisiensi atau tidak efisien (Te<1), yaitu daerah Boyolali, Klaten, Sragen, Karanganyar dan daerah lain yang meliputi jakarta, Ngawi & Madiun, Pacitan, Magelang, Yogyakarta dan Semarang).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1875
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-08 RAPI 2009

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV