• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-08 RAPI 2009
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-08 RAPI 2009
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS BRAND SWITCHING UNTUK MEMPREDIKSI MARKET SHARE DAN SEGMENTASI TERHADAP JENIS MEREK SHAMPOO DENGAN MARCOV CHAIN DAN CLUSTER ANALYSIS (Studi Kasus: Toserba Swalayan MITRA Kartasura)

    Thumbnail
    View/Open
    13. Paper_I-020.pdf (66.37Kb)
    Date
    2009-12-17
    Author
    Munawir, Hafidh
    Sudjalwo
    Jariah, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Toserba Swalayan MITRA Kartasura merupakan salah satu sarana bagi konsumen memperoleh produk yang mereka butuhkan, termasuk produk shampoo. Agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, maka pihak swalayan perlu menetapkan strategi yang tepat agar konsumen tidak beralih ke swalayan yang lain sehingga memperoleh laba yang optimal. Salah satu caranya yaitu dengan mengetahui perilaku pembelian konsumen, khususnya kemungkinan adanya brand switching terhadap produk shampoo (yang terdapat bermacam-macam merek).Perilaku perpindahan ke merek lain oleh konsumen dapat mempengaruhi market share tiap-tiap merek shampoo. Untuk memprediksi market share tiap-tiap merek shampoo pada periode tertentu dapat menggunakan marcov chain analysis. Sedangkan, untuk mengelompokkan konsumen dan mengetahui karakteristik kelompok konsumen yang banyak menggunakan merek shampoo tertentu dapat menggunakan cluster analysis, yang didahului dengan mengetahui atribut yang lebih diprioritaskan konsumen dalam memilih satu merek shampoo berdasarkan indeks sikap. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa market share produk shampoo terbesar pada bulan November dan Desember 2006 adalah merek Sunsilk yaitu sebesar 23% dan 23,12%, serta untuk bulan Januari 2007 market share terbesar tetap dikuasai merek Sunsilk yaitu sebesar 23,05%. Atribut/faktor yang menjadi prioritas utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli shampoo adalah manfaat/hasil yang terdapat pada shampoo. Sedangkan kelompok konsumen yang paling dominan adalah konsumen yang berada pada cluster 4 yang merupakan konsumen golongan usia remaja dengan pendapatan rendah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1894
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-08 RAPI 2009

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV