• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 22 No. 2, Desember 2010
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 22 No. 2, Desember 2010
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    GENRE ANALYSIS OF THE ENGLISH FINAL PROJECT ABSTRACTS WRITTEN BY THE STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT OF IKIP PGRI SEMARANG

    Thumbnail
    View/Open
    2. Wiyaka.pdf (57.93Kb)
    Date
    2010-12
    Author
    Wiyaka
    Wahyuni, Sri
    Setyorini, Ajeng
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Secara khusus, penelitian ini menekankan pada analisis genre abstrak berbahasa Inggris sebagai tugas akhir mahasiswa. Analisis ini meneliti struktur jenerik dan fitur linguistik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Semarang memahami struktur jenerik abstrak sebagai tugas akhirnya, (2) bagaimana mahasiwa memahami fitur linguistik abstrak sebagai tugas akhirnya, dan (3) bagaimana kontribusi temuan penelitian pada Program Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Semarang. Tujuan utamanya adalah struktur jenerik dan fitur linguistik abstrak sebagai sebagai tugas akhir mahasiswa dan menganalisis kontribusi penelitian ini pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalan penulisan abstrak sebagai tugas akhir yang ditulis oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Semarang. Jumlah data penelitian ini mencapai 100. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis genre. Langkah awal penelitian ini adalah mengidentifikasi Moves dengan menggunakan pembuktian Linguistik dan memahami teks. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hanya beberapa abstrak yang ditulis oleh mahasiswa IKIP PGRI menerapkan lima Moves. Ditemukan bahwa dua Moves diterapkan pada semua abstrak. Kedua Moves tersebut adalah Purpose Move dan Method Move (100%). Move yang ketiga yang merupakan Result Move digunakan dalam delapan abstrak (80%). Conclusion Move ditemukan dalam lima abstrak (50%). Hasil analisis menunjukkan bahwa dua personal pronouns diemukan dalam abstrak sebagai tugas akhir. Personal pronouns seperti writer (penulis) dan researcher (peneliti) ditemukan dalam semuan abstraks. Personal pronoun ‘she’ ditemukan dalam satu abstrak. Hanya ada lima ungkapan hedges yang digunakan dalam abstrak. Kelima ini adalah modal auxiliary verbs, adjectival, adverbial, nominal dan approximators of degree. Disarankan bahwa (1) dosen bahasa Inggris semestinya memperkenalkan bagaimana menulis suatu teks yang bermakna, khususnya teks abstrak sebagai representasi laporan riset dengan struktur yang berdasarkan teori genre. (2) Dosen seharusnya memperbaiki proses pembelajaran yang terkait dengan pengembangan academic writing. Dalam kasus ini dosen yang mengajar matakuliah academic writing. (3) ‘Pembimbimg’ tugas akhir seharusnya lebih memberikan perhartian pada genre untuk menulis abstrak sebagai tugas akhir selama bimbingan. (4) Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris menyediakan panduan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2196
    Collections
    • Volume 22 No. 2, Desember 2010

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV