• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis Permulaan pada Anak Prasekolah dengan Penggunaan Metode Pengajaran Jolly Phonics.

    Thumbnail
    View/Open
    2008_dm_lisnawati_bab_1.pdf (43.03Kb)
    2008_dm_lisnawati_depan.pdf (88.90Kb)
    2008_dm_lisnawati_bab_5.pdf (43.80Kb)
    2008_dm_lisnawati_bab_6.pdf (23.80Kb)
    2008_dm_lisnawati_bab_4.pdf (35.51Kb)
    2008_dm_lisnawati_bab_3.pdf (19.05Kb)
    2008_dm_lisnawati_artikel.pdf (61.69Kb)
    2008_dm_lisnawati_daftar_pustaka.pdf (28.12Kb)
    2008_dm_lisnawati_lampiran.pdf (25.10Kb)
    2008_dm_lisnawati_bab_2.pdf (155.8Kb)
    LAPORAN PEN-DOS-MUDA-lisnawati.pdf (301.8Kb)
    Date
    2008-09
    Author
    Ruhaena, Lisnawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian penulis sebelumnya tentang metode Jolly Phonics membuktikan bahwa metode ini terbukti lebih efektif meningkatkan kemampuan baca-tulis permulaan daripada metode reguler yang biasa digunakan di sekolah taman kanak-kanak. Dalam penelitian ini penulis menguji konsistensi efektivitasnya dengan melihat sejauh mana peningkatan kemampuan subjek penelitian setelah satu tahun kemudian. Oleh karena itu dibuat rancangan penelitian pretes dan postes pada satu kelompok dengan 30 anak prasekolah. Perlakuan yang diberikan merupakan pengajaran baca-tulis yang berkelanjutan dari pengajaran pada penelitian sebelumnya dengan menggunakan metode Jolly Phonic. Hasil pengukuran pra dan pasca ini kemudian diuji signifikansi peningkatannya, dengan statistik t test untuk sample berpasangan. Hasil analisis diperoleh t = -13,562 dengan p = 0,000, dengan demikian hipotesa diterima artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan rata-rata skor pada tes pre dan post. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada kemampuan membaca dan menulis bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada anak prasekolah sebagai pengaruh kelanjutan pengajaran dengan metode Jolly Phonics. Hal ini menjawab pertanyaan penelitian bahwa metode ini memiliki konsistensi efektivitas dalam aplikasinya di TK A dan di TK B.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2614
    Collections
    • Psikologi

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV