• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Kesehatan
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Kesehatan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KUILYAH EKOLOGI KESEHATAN

    Thumbnail
    View/Open
    2008_reguler_NURHAYANI_08.pdf (8.883Kb)
    Date
    2008
    Author
    Nurhayani
    Trisnawati, Azizah Gama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Preatasi belajar dapat diperoleh melalui pembelajaran aktif yang menekankan pada kemampuan berpikir kritis, perilaku kreatif, dan problem solving dari aspek kognitif pada ranah sintesis dalam membuat keputusan kesehatan populasinya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajran aktif terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa khususnya pada mata kuiyah Ekologi Kesehatan. Jenis penelitiannnya adalah korelasional melalui pendekatan cross sectional dengan sample mahsiswa Semester III (tiga) Program Study S1 Kesehatan Masyarakat Ilmu Kedokteran UMS berjumlah 28 orang. Pembelajaran dilakukan melalui metode Think Pair Share, Brainstorming. Writing Activities, Feed Back Lectures, Jigsaw, dan Case Studies pada pertemuan ke 7 s/d 12. Data dianalisis dengan teknik paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelebihan pembelajaran aktif adalah memicu mahasiswa berfikir akif, kerjasama kelompok untuk pemecahan masalah, saing berinteraksi antara anggota kelompok dengan anggota lain, dan hasil diskusi yang maksimal. Kelemahan adalah memerlukan waktu lama dan terdapat anggota kelompok yang bergantung kepada kelompoknya dan kelompok lain. Tujuan akhir pembelajaran tercapai sesuai dengan tujuan setiap pkokk bahasan. Nilai Ujian Tengah Semester mempunyai rata-rata 2.39 (C), sedangkan rata-rata nilai Ujian Akhir Semester adalah3.43 (B). Terdapat pengaruh pembelajaran aktif terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa (p=0.000). Kesimpulan penilaian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran aktif terhadappeningkatan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekologi Kesehatan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2781
    Collections
    • Kesehatan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV