• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksperimentasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri Siswa 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    24_Eksperimentasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika.pdf (91.35Kb)
    Date
    2013-05-15
    Author
    Murwaningsih, Utami
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah pendekatan pembelajaran yang lebih efektif antara Pembelajaran Matematika Realistik atau ekspositori untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/ 2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu karena kontrol dilakukan tidak pada semua variabel yang relevan, tujuannya adalah untuk membatasi cakupan penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/ 2013 yang terdiri dari 8 kelas sebanyak 289 siswa. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang di ambil secara cluster random sampling, yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas VII H sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Kelas eksperimen diterapkan pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik yang telah dihasilkan pada Penelitian Hibah Bersaing tahun I (tahun 2012), sedangkan kelas kontrol diterapkan pendekatan ekspositori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk memperoleh data nilai awal siswa dan tes untuk data prestasi belajar matematika siswa. Uji keseimbangan menggunakan uji t yang diambil dari nilai UTS matematika kelas VII semester I tahun pelajaran 2012/ 2013. Teknik analisis data analisis uji t dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata tes prestasi belajar matematika untuk kelas eksperimen sebesar 7.36 dengan standar deviasi 1.0533, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 5.83 dengan standar deviasi 1.0168. Dengan taraf signifikan 5%, diperoleh hasil t hitung = 6.3941 dan t = 1.994, sehingga t hitung >t tabel tabel , maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih efektif daripada pendekatan ekspositori untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/ 2013.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3224
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV