• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Kooperatif Tipe Stad Bagi Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 14 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (135.2Kb)
    Date
    2013-05-15
    Author
    Suwarsi, Tri Unggul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk : Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD bagi peserta didik Kelas VIII A SMP Negeri 14 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan pada semester 1 dari bulan Juni 2012 sampai bulan September 2012 dengan mengambil lokasi di SMP Negeri 14 Surakarta tahun 2012/2013, sebagai subyek adalah peserta didik kelas VIII A ;42 peserta didik terdiri dari : 23 putra dan 19 putri. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan masing-masing pertemuan meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata kelas pada tiap siklus minimal 70. Aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran mencapai skor 65%. Secara teoritik dan empirik dapat diambil simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Dilihat bahwa ketuntasan belajarnya pada kondisi awal sebanyak 23 peserta didik mencapai 54,8 %, pada siklus I ;29 peserta didik mencapai (69%),siklus II ;37 peserta didik mencapai (88,1%). kondisi awal ke siklus I meningkat 14,2%, dari siklus I ke siklus II mencapai 19,1%, persentase ketuntasan belajar dari kondisi awal ke kondisi akhir mencapai kenaikan 33,3%. Rata-rata kelas dari kondisi awal 65,14 meningkat 15,28 menjadi nilai rata-rata 80,42 pada kondisi akhir Aktivitas peserta didik pada peserta didik yang antusias dalam mengkomunikasikan materi atau menjadi tutor kepada peserta didik lain pada kondisi awal sebanyak 9 peserta didik (21,4%), pada siklus I sebanyak 18 peserta didik (42,9%) dan pada kondisi akhir siklus II sebanyak 27 peserta didik (64,3%), meningkat sebanyak 18 peserta didik mencapai kenaikan 42,9%. Antusias peserta didik mengerjakan soal didepan kelas pada kondisi awal sebanyak 13 peserta didik (31,5%) dan pada siklus I sebanyak 19 peserta didik (45,2%) dan pada kondisi akhir siklus II sebanyak 25 peserta didik (59,5%), meningkat sebanyak 12 peserta didik mencapai kenaikan 28%. Antusias peserta didik mengemukakan pendapat pada kondisi awal sebanyak 12 peserta didik (28,6%) dan pada siklus I sebanyak 18 peserta didik (42,9%) dan pada kondisi akhir siklus II sebanyak 28 peserta didik (66,7%), meningkat sebanyak 18 peserta didik mencapai kenaikan 38,1%. Keaktifan Kerja sama peserta didik dalam kelompok heterogen pada kondisi awal sebanyak 13 peserta didik (31,5%) dan pada siklus I sebanyak 19 peserta didik (45,2%) dan pada kondisi akhir siklus II sebanyak 30 peserta didik (71,4%), meningkat sebanyak 17 peserta didik mencapai kenaikan 39,9%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3225
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV