• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Memecahkan Permasalahan Vehichle Routing Problem With Time Window Melalui Metode Insertion Heuristic (Studi Kasus : PT X Wilayah Bandung)

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (408.2Kb)
    Date
    2013-03-28
    Author
    Zalynda, Putri Mety
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PT X sebuah perusahaan home industry pembuatan roti. Pemasarannya meliputi Bandung, kabupaten Bandung, Cimahi dan Sumedang. Pendistribusian menggunakan moda transportasi sendiri, sehingga menimbulkan ongkos transportasi yang harus ditanggung oleh PTX. Saat ini moda transportasi yang digunakan oleh PTX ,sepeda motor dengan kapasitas 400 roti untuk wilayah kota Bandung dan mobil box dengan kapasitas 2000 roti untuk wilayah diluar kota Bandung Permasalahan masalah yang dihadapi PTX saat ini adalah rute pengiriman ke setiap outletnya. Saat ini rute pengiriman berdasarkan perkiraan saja, karena banyaknya agen yang harus dilayani dengan kapasitas angkut yang terbatas dan setiap agen menentukan jadwal pelayanan yang berbeda-beda mengakibatkan beberapa agen atau outlet bisa dilalui lebih dari sekali sehingga bertambahnya jarak tempuh yang mengakibatkan meningkatnya biaya transportasi. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas bagaimana rute pendistribusian roti agar diperoleh jarak tempuh yang minimum dan pengiriman sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh tiap outlet. Memecahkan permasalahan serangkaian perencanaan set kendaraan (m) yang dimulai dan berakhir pada depot dan terdapat batasan waktu pelayanan/pengiriman yang berbeda dari setiap depot maka digunakanlah VRP With Time Windows (VRPTW) dengan metode “Insertion Heuristic Hasil penelitian, menghasilkan 5 rute, dengan total jarak 149,3km, dimana rute yang terbentuk tidak terjadi waktu menunggu untuk dilayani maupun melewati batas waktu pelayanan di setiap outlet sehingga dapat meminimalkan jarak,waktu tempuh dan biaya transportasi. Dari kelima rute dapat ditempuh dengan 2unit kendaraan, dimana kendaraan pertama akan menempuh rute 1 dan 3 sedangkan kendaraan kedua akan menempuh rute 2, 4, dan 5.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3571
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV